fbpx
Koperasi Produsen Agro  Farm Bondowoso
Image default
beritaPascapanen

Proses Pengiriman Simplisia Lempuyang ke PT. Sidomuncul dari Koperasi Agro Farm Bondowoso

Lempuyang, atau yang dikenal dengan nama ilmiah Zingiber zerumbet, merupakan tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Salah satu perusahaan yang memproduksi produk berbahan dasar lempuyang adalah PT. Sidomuncul, yang telah lama dikenal sebagai produsen jamu dan produk kesehatan herbal terkemuka di Indonesia. PT. Sidomuncul memperoleh bahan baku lempuyangnya dari berbagai sumber, termasuk koperasi pertanian seperti Koperasi Agro Farm Bondowoso. Artikel ini akan menjelaskan secara singkat proses pengiriman simplisia lempuyang dari Koperasi Agro Farm Bondowoso ke PT. Sidomuncul.

1. Pengumpulan Simplisia Lempuyang

Proses pengiriman simplisia lempuyang dimulai dengan pengumpulan tanaman lempuyang oleh petani di wilayah Bondowoso, Jawa Timur, yang merupakan salah satu daerah yang subur untuk pertanian herbal. Para petani ini biasanya memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam mengenali tanaman lempuyang yang berkualitas. Mereka akan memanen lempuyang dengan hati-hati, memilih bagian tanaman yang paling berkualitas, yaitu akar segar dan rimpang yang masih muda.

2. Pembersihan dan Pemilihan Simplisia

Setelah dipanen, simplisia lempuyang akan dibersihkan secara teliti. Bagian-bagian yang tidak diperlukan, seperti tanah dan residu lainnya, akan dihilangkan. Simplisia yang sudah bersih kemudian dipilah-pilah untuk memastikan hanya bagian terbaik yang akan dikirim ke PT. Sidomuncul. Pemilihan simplisia yang berkualitas ini penting agar produk akhir yang dihasilkan memiliki kualitas terbaik.

3. Pengemasan

Setelah simplisia lempuyang dipilah, langkah selanjutnya adalah pengemasan. Simplisia yang sudah siap dikirim akan dimasukkan ke dalam kantong atau wadah yang sesuai, biasanya menggunakan kantong plastik atau kantong kertas yang telah diidentifikasi dan disetujui oleh PT. Sidomuncul. Proses ini memastikan keamanan dan kebersihan simplisia selama pengiriman.

4. Pengiriman ke PT. Sidomuncul

Simplisia lempuyang yang sudah dikemas dengan baik akan dikirim ke PT. Sidomuncul. Proses pengiriman ini dapat melibatkan berbagai sarana transportasi, mulai dari truk hingga kendaraan khusus pengiriman barang sensitif terhadap suhu dan kelembaban. Koperasi Agro Farm Bondowoso bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman untuk memastikan pengiriman berlangsung dengan aman dan tepat waktu.

5. Penerimaan dan Pengolahan Lanjutan

Setibanya di PT. Sidomuncul, simplisia lempuyang akan diperiksa kembali untuk memastikan kualitasnya. Setelah itu, simplisia akan digunakan dalam berbagai produk herbal yang dihasilkan oleh PT. Sidomuncul, seperti jamu, suplemen, atau produk kesehatan lainnya. Proses pengolahan lanjutan ini melibatkan berbagai tahapan produksi yang ketat untuk memastikan produk akhir memenuhi standar kualitas yang tinggi.

Proses pengiriman simplisia lempuyang dari Koperasi Agro Farm Bondowoso ke PT. Sidomuncul adalah salah satu langkah penting dalam rantai pasok bahan baku herbal yang berkualitas. Koperasi ini tidak hanya berperan sebagai penyedia bahan baku, tetapi juga sebagai mitra yang membantu menjaga kualitas dan ketersediaan bahan baku yang diperlukan oleh PT. Sidomuncul dalam memproduksi produk kesehatan herbal yang bermutu tinggi. Dengan kerjasama yang baik antara koperasi dan perusahaan, produksi produk herbal berkualitas dapat terus berlanjut untuk mendukung kesehatan masyarakat Indonesia. (tim KPAFB) 

Related posts

Pertanian 4.0 merupakan Transformasi Digital dan Automasi dalam Praktik Pertanian

Agro Farm

Talas Beneng Dari Umbi Lokal Menjadi Komoditas Unggulan

Agro Farm

Panduan Lengkap dan Standar Operasional Prosedur

Agro Farm

Leave a Comment